Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android

  • Rudi Setiawan Universitas Trilogi
  • Wahyu Nugroho Universitas Trilogi
Keywords: Rancang Bangun Aplikasi;, Aplikasi Pemesanan, E-Commerce

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modernmenciptakan berbagai macam teknologi, hampir seluruh bidang manusia menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan transformasi bagi kehidupan manusia akan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat dan tepat. Kondisi ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk memasarkan produk – produknya, khususnya dalam bidang kuliner atau makanan. Oleh karena itu diperlukan sebuah teknologi sistem informasi khususnya berbasis Androidsebagai upaya dalam peningkatan pelayanan dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga transaksi yang dilakukan lebih cepat dan tepat tanpa perlu pelanggan untuk datang ke merchantatau outlet. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan metode Waterfall, pemodelan yang digunakan yaitu Unified Modeling Language. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu Dartdengan framework fluttersebagai front-end androiddan PHPsebagai koneksi database(Back-end) serta databaseyang digunakan adalah MySQL. Hasil pengujian aplikasi didapatkan nilai interpretasi sebesar 90.95% yang menandakan bahwa aplikasi yang dibangun sangat layak untuk diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Setiawan and R. Munajah, “Evaluation of the Application of Online Learning in Indonesian Universities”, TEM Journal, vol. 9, no. 3, pp. 1194‐1199, 2020.

F. Bachtiar, et al, “Edukasi Mengenai Dampak Penggunaan Smartphone Sebagai Upaya Pencegahan Gangguan Muskuloskeletal Pada Remaja”. Jurnal Abdimas Unwahas, vol. 5, no. 1, pp. 28-32, 2020.

R, Setiawan, et al, “Design Mobile Application for Health Consultation During Pandemic COVID 19”, International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, vol. 9, no. 4, pp. 4241-4244, 2020.

I. T. M. Daeng, et al. “Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado”, Jurnal Acta Diurna, vol. 6, no. 1, pp. 1-15, 2017.

C. P. Putra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sayur Online Berbasis Android”, Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, vol. 3, no. 1, 2021.

Suara.com, “UMKM Belum Banyak Tersentuh E-Commerce”, diakses pada 13 April 2021. (Ditulis oleh Iwan Supriyatna dan M F Djailani, 2019)

H. A. Mumtahana, et al. “Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran”, Khazanah Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 6-15, 2017.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Siaran Pers No.284/HM/KOMINFO/10/2018.

N. Lestari, “Perancangan Sistem Informasi Untuk Pengendalian Distribusi Pangan Pada PDPM Batubata Sepakat”, Jurnal of Information System and Informatics, vol. 1, no. 2, pp. 77-86, 2019.

P. A. G. Permana, “Scrum Method Implementation in a Software Development Project Management”, International Journal of Advanced Computer Science and Applications, vol. 6, no. 9, pp. 198-204, 2015.

A. Pham, et al, “Scrum in action Agile software project management and development”. Boston, Mass., Course Technology PTR, 2011.

S. Sharma, D. Sarkar and D. Gupta, “Agile Processes and Methodologies: A Conceptual Study”, International Journal of Computer Science and Engineering, vol. 4, no. 5, pp. 892–899, 2012.

S. Hardani, “Pengembangan Sistem Informasi KPR Syariah dengan Metode Scrum”, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, vol. 4. no. 2, 2019.

Published
2021-06-25
Abstract views: 121 times
Download PDF: 102 times
How to Cite
Setiawan, R., & Nugroho, W. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android. Journal of Information Systems and Informatics, 3(2), 329-340. https://doi.org/10.33557/journalisi.v3i2.132