DESIGN OF INFORMATION SYSTEM FOR KOLONG CIKINI SCHOOL BASED ON ANDROID

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH KOLONG CIKINI BERBASIS ANDROID

  • Rima Puji Lestari Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Nurullah Husufa Universitas Mercu Buana, Indonesia
Keywords: Perancangan, sistem informasi, sekolah kolong, anak jalanan

Abstract

Anak jalanan di Jakarta banyak yang tidak dapat merasakan pemenuhan kebutuhan belajar secara penuh dan meninggalkan bangku sekolah dikarenakan anak harus bekerja untuk ikut membantu menunjang ekonomi keluarga. Sekolah Kolong Cikini merupakan organisasi non profit yang memfasilitasi anak jalanan untuk memberikan pendidikan alternatif agar anak jananan tersebut tetap dapat memperoleh haknya dalam pendidikan. Namun adanya keterbatasan media bagi para relawan untuk berbagi informasi menimbulkan informasi yang dibagikan tidak diterima dengan baik oleh anggota komunitas lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi yang mampu menjadi sarana komunikasi antar anggota komunitas. Alur penelitian dilakukan dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall serta identifikasi masalah dengan menggunakan tahap analisis PIECES. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu komunitas sekolah kolong cikini dalam mengorganisir kegiatan, berbagi informasi, dan pengetahuan serta menjaga keakuratan data anggota pengajar dan data anak jalanan yang tergabung dalam sekolah kolong cikini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. A. Adi Supriyatna, "Sistem Informasi Forum Diskusi Programmer Berbasis Web Menggunakan Rapid," 2018.

B. Sinaga, "PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI FORUM DISKUSI MAHASISWA/I BERBASIS WEB DI STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN," 2015.

D. B. Suyanto, Masalah Sosial Anak, Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2016.

N. Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android Edisi Revisi, Bandung: Informatika, 2012.

E. L. H. Andri Nedianto1, "APLIKASI ADMINISTRASI DAN PEMBELAJARAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR WAHID’S COLLEGE BERBASIS WEB MOBILE," 2018.

D. B. Aristanto, "PENGARUH KNOWLEDGE SHARING TERHADAP INDIVIDUAL INNOVATION CAPABILITY DAN KINERJA KARYAWAN," 2017.

Hasibuan, Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV Radja Karya, 1985.

I. Nurwahyuningsih Ibrahim, "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROIDMATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA SMP," 2017.

S. D. Saraswati, "RANCANG BANGUN PROTOTIPE KNOWLEGDE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG KNOWLEDGE SHARING DENGAN MODEL SECI: STUDI KASUS PT REPUBLIKA MEDIA MANDIRI JAKARTA," 2018.

S. A, Pemrograman Web Dengan PHP dan My SQL, Jakarta: Universitas Budi Luhur, 2015.

I. H. &. A. C. SURYANTO1, "Deteksi Dini Masalah Psikologis Anak Jalanan pada Orangtua Asuh di Rumah Singgah," 2016.

B. Waluya, Sosiologi : Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat, Bandung: PT Setia Purna Inves, 2007.

A. S. B. S. Wanda Kurniawan1), "RANCANGAN SISTEM FORUM DISKUSI ONLINE UNTUK PROGRAM STUDI," 2016.

Published
2019-03-05
Abstract views: 2978 times
Download PDF: 2116 times
How to Cite
Lestari, R., & Husufa, N. (2019). DESIGN OF INFORMATION SYSTEM FOR KOLONG CIKINI SCHOOL BASED ON ANDROID. Journal of Information Systems and Informatics, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.33557/journalisi.v1i1.1

Most read articles by the same author(s)