Barcode Based Digital Library Information System Application (Case Study: SMA Yadika 3 Karang Tengah)

Barcode Based Digital Library Information System Application (Case Study: SMA Yadika 3 Karang Tengah)

  • Afrinaldi Afrinaldi Universitas Mercu Buana
  • Yuwan Jumaryadi Universitas Mercu Buana
Keywords: Perpustakaan Digital, Barcode, Sekolah, UML, Waterfall

Abstract

Perpustakaan SMA Yadika 3 Karang Tengah memiliki jumlah anggota dan koleksi buku yang begitu banyak, hal ini membuatnya sangat membutuhkan sebuah aplikasi perpustakaan digital yang berguna untuk membantu kinerja petugas perpustakaan. Dengan adanya aplikasi perpustakaan digital berbasis barcode ini dapat memudahkan serta membuat kinerja petugas menjadi lebih efisien dan cepat dalam melakukan proses transaksi peminjaman, pengembalian, penginputan buku maupun anggota baru serta dalam pembuatan laporan. Dalam proses pembuatan penelitian ini digunakan metode waterfall, sedangkan untuk desain sistem menggunakan UML yang meliputi use case diagram, class diagram, activity diagram dan sequence diagram. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, dan kusioner.  Dari hasil kesimpulan penelitian ini diharapkan aplikasi perpustakaan digital berbasis barcode dapat digunakan oleh petugas perpustakaan dalam mengelola semua transaksi yang ada di perpustakaan, meminimalisir kesalahan, dan membuat laporan dengan cepat, serta mempermudah anggota perpustakaan dalam mendapatkan informasi mengenai koleksi buku yang akan dipinjam datau dibaca.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-11
Abstract views: 261 times
Download PDF: 165 times
How to Cite
Afrinaldi, A., & Jumaryadi, Y. (2020). Barcode Based Digital Library Information System Application (Case Study: SMA Yadika 3 Karang Tengah). Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 44-59. https://doi.org/10.33557/journalisi.v2i1.39