Development of Gate Game Applications Using the IMSDD Method

Pembangunan Aplikasi Game Gerbang Dengan Menggunakan Metode IMSDD

  • Nyimas Humairoh Khairunnissa Universitas Bina Darma
  • Muhamad Akbar Universitas Bina Darma
  • Siti Sauda Universitas Bina Darma
Keywords: IMSDD, Sejarah,game Gerbang

Abstract

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Sejarah adalah suatu kejadian atau peristiwa yang telah lampau dan benar-benar terjadi. Namun kerap kali untuk mempelajarinya, terlalu membosankan dan membuat jenuh karena banyak menghafal. Karena itulah dibuatnya aplikasi game Gerbang(Gerakan Bangsa). Game ini bertemakan tentang sejarah penjajahan di Indonesia. Dengan menggunakan metode IMSDD (Interactive Multimedia System of Design and Development) dan aplikasi Unity, game Gerbang diciptakan dengan OS Android agar mudah digunakan dan menarik minat pengguna. Di dalam metode pengembangan IMSDD, terdapat 4 tahapan, yaitu: 1. System Requirement, 2. Design Concideration, 3. Implementation, 4. Evaluation.  Dimana masing-masing tahapan pada akhirnya membentuk game Gerbang yang memiliki 6 tema soal berbeda yang terdiri dari Jepang, Inggirs, Prancis, Belanda, Spanyol dan Portugis. Nama-nama tersebut merupakan nama negara yang pernah menjajah Indonesia. Dengan 6 tema yang berbeda itu pula, pengguna dapat mengetahui sebatas mana pengetahuan mereka prihal penjajah ketika menempati Indonesia di masa lampau

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amperiyanto, T. (2014). Tips Ampuh Android. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Dastbaz, M. (2003). Interactive Multimedia System. New York: McGrawHill.
Leyton-Brown, k dan Shoham. (2008). Essentials of Games Theory. United States of America: Morgan & Claypool.
Madya, S. (2006). Teoir dan Praktik Penelitian Tindakan Action Research. Bandung: Alfabeta.
Meier, R. (2009). Professional Android 4 Application Development. United States of America: Wiley Publishing,.Inc.
Moeliono, M. D. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Roedawan, R. (2018). Unity Tutorial Game Engine Plus CD Revisi ke Dua. Bandung: Informatika.
Schell, J. (2008). The Art of Game Design A Book Of Lenses. United States of America: Morgan Kaufmann Publishers.
Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Andi.
Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatakn Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uyung, S. (2004). Management Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Offset.
Published
2020-03-11
Abstract views: 138 times
Download PDF: 126 times
How to Cite
Khairunnissa, N., Akbar, M., & Sauda, S. (2020). Development of Gate Game Applications Using the IMSDD Method. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.33557/journalisi.v2i1.27